7.04.2010

Cara Kentang Goreng ala Restoran

Suka makan kentang goreng, tetapi selalu tidak puas karena hasil gorengannya tidak bisa garing seperti kentang goreng di restoran?

Untuk membuat kentang goreng selezat di restoran, Anda memang perlu memilih kentang yang cocok untuk diolah menjadi french fries. Misalnya kentang tes. Kemudian, kentang perlu dimasak dengan suhu tertentu, sekitar 150-175 derajat Celcius (Anda perlu menggunakan thermometer khusus untuk memastikan suhunya).

Untuk mendapatkan kentang yang empuk di dalam dan renyah di luar, rahasianya adalah merebus kentang sebentar dalam air mendidih, sebelum digoreng. Hal ini untuk memastikan kentang matang merata, sebelum dibuat garing dengan digoreng. Setelah itu, kentang digoreng dua kali. Pertama digoreng dengan suhu yang lebih rendah, kedua dengan suhu lebih tinggi.

Ingin tahu cara mengolahnya secara detail? Ikuti langkah di bawah ini:

1. Ambil dua buah kentang, kupas kulitnya. Jika Anda tidak ingin mengupas kulitnya (karena kulit kentang justru mengandung serat), gosok permukaan kulitnya sambil dialiri air, sampai bersih). Potong-potong dengan ketebalan ½ cm, dan panjang 6-10 cm.

2. Masukkan kentang ke dalam panci kecil yang sudah terisi air, lalu rebus air dan kentang tersebut. Setelah mendidih, biarkan kentang menjadi matang sekitar 5 menit, lalu tiriskan. Biarkan kentang mongering selama 10 menit. Pastikan kentang sudah kering sebelum digoreng. Bila perlu, letakkan di atas tisu agar air benar-benar terserap.

3. Begitu kentang sudah kering, siapkan minyak yang banyak dan panas (untuk deep-fry) dengan suhu 150 derajat Celcius dalam penggorengan yang melengkung dalam. Setelah minyak panas, matikan apinya. Goreng kentang dalam kelompok-kelompok kecil, sekitar 7-8 potong kentang saja tiap kelompoknya, supaya kentang masak merata. Sebelum kentang berubah warna, angkat dan keringkan di atas tisu. Setelah kelompok pertama selesai digoreng, nyalakan kembali api di kompor sehingga suhu minyak berada dalam panas yang diinginkan.

4. Setelah itu kentang digoreng kedua kalinya. Panaskan minyak (lebih panas daripada sebelumnya, yaitu sekitar 175 derajat Celcius), lalu goreng kentang selama 2-4 menit sampai warnanya menjadi coklat keemasan. Kentang biasanya akan menjadi lebih gelap setelah ditiriskan. Keringkan, lalu tuang ke dalam mangkuk. Taburi garam secukupnya.

0 comments:

Posting Komentar