5.26.2011

Menjadi Ibu tiri yang baik

Mendengar orang menyebut orang tua tiri pikiran kita akan terbayang sesosok orang tua yang kejam dan selalu memperlakukan anak tirinya secara tidak manusiawi, itulah gambaran orang tua tiri yang melekat dalam benak sebagian besar orang. Gambaran dalam benak tadi agaknya sebagian besar terpengaruh oleh sinetron-sinetron yang menceritakan derita anak tiri. Dalam kehidupan sehari hari ada juga orang tua tiri yang menyayangi dan merawat anak angkat sepenuh hati seperti memperlakukan anak kandungnya sendiri.
Menjadi orang tua tiri memang berat sebab akan banyak terjadi banyak penolakan-penolakan oleh anak hasil perkawinan sebelumnya. Seumpama kita menjadi orang tua tiri agar keluarga menjadi harmonis, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebut hati anak angkat kita. Untuk melakukan ini cukup sulit sebab pasti si anak tadi akan berpikir tidak ada yang bisa menggantikan si bapak/ibu yang tiada dari hatinya. Untuk merebut hatinya yaitu kita mencoba untuk menjadi salah satu bagian penting dalam hidupnya caranya memperlakukannya seperti anak kandung sendiri dengan tidak memaksanya melakukan hal-hal yang diluar batas anak-anak.
Berusahalah mencari segala hal yang berkaitan dengan si anak angkat mulai dari masakan kesukaannya, teman-temanya, kalau perlu impian-impiannya yang belum terwujud. Dengan mengetahui banyak hal tentang anak angkat sebagai orang tua angkat bisa menentukan strategi yang pas agar si anak luluh hatinya dan kita berhasil menggantikan peran orang tuanya sebelumnya.
Dan dengan mengetahui banyak hal kita bisa memberikan surprise-surprise sehingga menjadikan si anak senang dan merasa kita sebagai orang tua angkat memperhatikannya dengan begitu sikap si anak pada kita pasti akan berubah malah dari yang dulunya cuek menjadi mau mengakui keberadaan kita dalam dunianya. Dengan mengetahui hal-hal yang diperlukan dalam menjadi orang tua tiri maka dengan begitu kita akan menjadi orang tua tiri yang disayang dan dibutuhkan oleh anak- anak angkat kita.

1 comments:

aryadevi sudut kelas mengatakan...

untuk sekarang...sering terjadi kasus ibu kandung yg menganiaya anak sendiri....ibu kandung/ibu tiri...serba relatif. pada akhirnya melihat pada perilaku seseorang saja....

Posting Komentar